Thank You

Thank You For Your Visit ^_^

Senin, 04 Januari 2016

Ahlan Wa Sahlan January

Every January has a lot of  new dream
is not it?


Selamat datang Januari....
Bulan pertama yang penuh semangat, entah semangat menyelesaikan kerjaan tahun lalu yang belum kelar ataupun semangat mengerjakan hal-hal baru yang sudah direncanakan.

Setiap awal tahun banyak orang yang kemudian membuat resolusi di tahun baru.
Tahun 2016 saya memilih tidak membuat resolusi baru, why?
karena resolusi tahun lalu belum dapat terealisasikan :)

Hikmah yang dapat saya pelajari adalah, jika kita membuat sebuah resolusi jangan lupa memperhitungkan kemungkinan waktu yang diperlukan untuk merealisasikannya. okay ngak apa-apa resolusi tahun lalu belum kelar.
untuk selanjutnya sih hanya tinggal merubah strategi pencapaian saja...okay you have the big job girl!

Ngomong-ngomong soal merubah strategi sebenernya juga berarti merubah pola pikir, merubah ide...
kalau ide tipe A ngak berhasil ya kita ubah jadi ide tipe B dan seterusnya.
change your "point of view"

Perubahan tindakan (action) biasanya diawali dengan perubahan pikiran (the way of thinking), action on the past must have to evaluation and you can "rearrange" your life. kamu harus jujur pada diri sendiri, kalau memang ada yang salah dari dirimu kamu harus coba untuk perbaiki. Kamu harus jadi orang yang paling kritis terhadap dirimu sendiri, dan itu pekerjaan yang sulit karena seringkali kita menilai diri sendiri secara subjektif, pikiran kita tidak jernih menilai diri sendiri.

Output dari evaluasi diri atau muhasabah diri itu setidaknya membuahkan 4 hal, yaitu pertama grateful ungkapan syukur kepada Allah dan berterimakasihlah pada diri sendiri, hargailah sekecil apapun pencapaian yang kamu raih. Kedua kamu harus menemukan "something wrong" yang akan kamu perbaiki. Ketiga, buat rencana kongkret, tidak perlu banyak penjabaran tapi tulislah poin-poin utamanya saja. Keempat, penjagaan semangat untuk melakukan...the big spirit from yourself not from other.

Hal lain yang perlu diperhatikan adalah "manajemen pikiran", kamu harus pandai mengelola pikiran, memilah mana yang perlu dipikirkan dengan serius, cepat dan tepat dan mana yang perlu dipikirkan dengan santai dan mana hal yang ngak perlu kamu pikirkan sama sekali...that's wasting time... no more!

Apa yang terjadi hari ini adalah hasil dari yang kamu lakukan dimasa lalu, dan apa yang kamu lakukan hari ini akan kamu ambil hasilnya dimasa depan. Hidup itu ibarat kita sedang menanam pohon, saat awal menanam jangan berharap ia akan tumbuh dengan cepat dan simsalabim berbuah lebat dan manis, jangan bermimpi! kamu harus bersabar pada proses yang berjalan bersama waktu, kamu harus merawat tanaman barumu menyiramnya, melihatnya tumbuh perlahan sesenti demi senti, memupuknya, menanti ia berbunga lalu berbuah hingga engkau mendapainya matang dan siap kau panen. It's very long process, right?. yang sabar ya :)









Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Indah Kurniasari