Thank You

Thank You For Your Visit ^_^

Rabu, 26 Agustus 2015

Berilmu Dulu Baru Menikah

Dedicated to Teman-teman KIPAS Undip :)

Peradaban besar bukan dibangun dari pasir semen kayu dan batu pembentuk gedung-gedung  mewah pencakar langit
Peradaban besar bukan ditandai dengan gaget canggih, pesawat cepat, mobil canggih atau sederet  temuan teknologi lainnya
Peradaban besar itu dibagun dalam sebuah bengkel kecil yang bernama “rumah tangga”
Peradaban besar itu ditandai dengan munculnya generasi penerus yang cerdas salih shalihah yang kokoh keimanan dan jiwanya.
(Indah Kurniasari,2015)

Menikah adalah dambaan setiap insan yang ingin meneladani kehidupan Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam. Menikah merupakan salah satu sunnah yang utama sebagaimana dalam sabda Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam:


“Menikah adalah sunnahku, barangsiapa tidak suka dengan sunnahku, ia  bukan termasuk golonganku. Menikahlah, karena aku akan membanggakan jumlahmu yang banyak di hari akhir nanti.” (HR. Ibnu Majah dari Aisyah r.a.)

Wahai pemuda, barangsiapa telah mampu diantara kalian hendaknya melaksanakan pernikahan, karena ia dapat menundukkan pandangan dan menjaga kemaluan (kehormatan). Barangsiapa tidak mampu hendaklah berpuasa karena ia menjadi benteng perlindungan.” (HR. Bukhari, Muslim, Abu Daud, Tirmidzi, dan Nasa’i)

Menikah dan mendidik anak bukan merupakan hal yang mudah, tetapi bukan pula hal yang sulit jika kita mengerti “ilmu” nya. Kapankah kita harus mempersiapkan ilmunya? Cukupkah hanya beberapa hari jelang pernikahan? Atau menunggu setelah memiliki anak dulu baru belajar cara mendidik anak?

Segala sesuatu memerlukan ilmu sebagaimana yang dikatakan Imam Bukhari "al-ilmu qabla 'i-qaul wa 'i-amali", sebelum kita berkata dan berbuat, yang terlebih dahulu harus kita miliki adalah ilmu tentang hal tersebut. Rasulullah SAW juga pernah bersabda bahwa yang ingin mendapatkan dunia harus dengan ilmu, dan yang ingin mendapatkan akhiratpun harus dengan ilmu.

Menikah bukan hanya berdimensi dunia saja tetapi juga akhirat, begitulah Islam yang sangat menganjurkan untuk menikah, menikah itu sunnah yang sangat dianjurkan Rasulullah SAW. Menikah adalah ibadah yang pada pelaksanaanya juga memerlukan ilmu seperti fikih munakahat, psikologi, kesehatan reproduksi dan lainnya.
Persiapkan dirimu menjadi suami/istri yang baik dan calon orangtua yang cemerlang diantara penduduk bumi dan langit. Semoga sakinah mawadah warohmah dan memiliki keturunan yang shalih salihah yang bertauhid dan senantiasa berjuang di jalan dakwah. aamiin.
Salut untuk semua teman-teman KIPAS (Keluarga Islam Pascasarjana) Undip Semarang tahun 2015 yang akan mengadakan seminar pranikah dan parenting islami juga mengadakan kelas parenting islami. Barakallahu...semoga lancar, sukses, dan barokah acaranya. Semoga anggota KIPAS yang sudah menikah ditambah keberkahannya dalam keluarga yang sakinah mawadah warohmah, dan bagi teman-teman KIPAS yang belum dan akan menikah dipermudah dan dipercepat jalan menuju Pernikahan Barokah... Aamiin Ya Robbal 'alamin

:)

link KIPAS http://kipasundip.tumblr.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Indah Kurniasari